Pengertian Administrasi Publik
Arti dan Definisi nya
Administrasi publik seperti administrasi lainnya yang dilakukan untuk kepentingan umum. Sebelum kita membahas lebih dalam tentang pemahaman administrasi publik, akan bermanfaat untuk mencoba dan melihat bagaimana penulis yang berbeda telah mencoba untuk mendefinisikan apa itu administrasi.
Marx mendefinisikan administrasi sebagai – Administrasi ditentukan tindakan yang diambil dalam mengejar tujuan yang disadari. Ini adalah penataan urusan yang sistematis dan penggunaan sumber daya yang diperhitungkan yang bertujuan untuk mewujudkannya yang diinginkan seseorang.
Frederic k Lane mendefinisikan administrasi sebagai pengorganisasian dan pemeliharaan sumber daya manusia dan fiskal untuk mencapai tujuan kelompok. Definisi lengkap untuk administrasi publik bagaimanapun sulit untuk dicapai karena banyaknya tugas yang termasuk di bawahnya.
Beberapa akademisi berpendapat bahwa semua pekerjaan terkait pemerintah termasuk dalam kategori ini sementara yang lain memilih untuk berpendapat bahwa hanya aspek eksekutif dari fungsi pemerintahan yang terdiri dari administrasi publik.
Kami juga dapat melihat bagaimana penulis yang berbeda telah mendefinisikan administrasi publik:
Menurut L D White, Administrasi publik terdiri dari semua operasi yang bertujuan untuk memenuhi atau menegakkan kebijakan publik. Di sisi lain,
menurut Woodrow Wilson, administrasi publik adalah penerapan hukum yang terperinci dan sistematis. Dapat juga dikatakan bahwa administrasi publik tidak lain adalah kebijakan, praktik, aturan dan regulasi, dll, dalam tindakan.
Sekarang administrasi publik dapat dipisahkan dari sistem sosial dan politik; tentu tidak dan oleh karena itu muncul definisi lain yang diberikan oleh F A Nigro yang berpendapat bahwa administrasi publik pada dasarnya adalah upaya kelompok kooperatif dalam pengaturan publik.
Kedua, ini mencakup ketiga cabang mesin pemerintah, eksekutif, legislatif dan yudikatif. Dia lebih lanjut menambahkan bahwa karena administrasi publik memainkan peran penting dalam perumusan kebijakan maka itu adalah bagian dari proses politik juga (misalnya RUU dan UU).
Negro juga mengatakan bahwa administrasi publik berbeda dari administrasi swasta dalam banyak hal dan berinteraksi dengan berbagai kelompok swasta dan individu dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Juga, pada sifat administrasi publik ada dua pandangan populer, satu pandangan Integral dan yang lainnya adalah pandangan Manajerial.
Pandangan Integral mencakup semua dan terdiri dari jumlah total semua kegiatan manajerial, administrasi, teknis dan manual dan karyawan dari semua tingkatan. Pandangan ini didukung oleh L D White dan Dimock. Ini mungkin berbeda dari satu lembaga ke lembaga lainnya tergantung pada bidang pekerjaan mereka.
0 komentar:
Posting Komentar